Fungsi Ginjal Dalam Sistem Ekskresi

Fungsi Ginjal Dalam Sistem Ekskresi

Fungsi Ginjal Dalam Sistem Ekskresi

Tubuh manusia mendapatkan sebuah nutrisi dari berbagai macam sumber, yang kemudian dicerna dan diproses oleh tubuh. Proses ini sering kita kenal dengan reaksi metabolisme. Saat ini terjadi, tubuh akan memilah dan memilih apa saja zat yang bermanfaat bagi tubuh dan zat apa saja yang berpotensi racun bagi seseorang. Kita semua tentu menyadari apabila ada zat berbahaya atau racun yang terakumulasi didalam tubuh ini sangat lah berbahaya. Oleh sebab itu, tubuh akan mengeluarkan tumpukan racun ini melalui urine dan proses seperti ini dinamai dengan sistem ekskresi.  

Sistem ekskresi sendiri melibatkan sejumlah organ yang akan bertugas untuk menghilangkan kelebihan nitrogen dan racun lainnya dari dalam tubuh. Adapun organ yang dimaksud adalah ginjal, hati dan usus besar. Merka melakukan tugas untuk menyaring zat apa saja yang bermanfaat dan tidak bermanfaat. Proses eksresi dimulai ketika hati menciptakan cairan empedu. Setelah semuanya selsai, cairan empedu akan digunakan tubuh untuk memecah limbah padat dan mengubahnya menjadi amonia atau urea. Empedu juga dapat memisahkan lemak yang berguna dari produk-produk limbah. Setelahnya, urea, garam dan nitrogen akan diserap kedalam aliran darah yang kemudian akan disaring lagi melalui ginjal dan berakhir di kandung kemih. 

Ginjal memiliki unit filtrasi yang disebut dengan nefron dan menjadi tempat dimana darah akan disaring dari limbah-limbah yang tidak menguntungkan. Sementara itu, kapiler yang berada didalam ginjal berfungsi untuk menyaring darah dan zat-zat penting seperti glukosa, asam amino, garam dan air. Setelahnya, darah yang telah di filter akan kembali kebagian tubuh yang lain. Sedangkan zat limbah dan air yang berlebih akan dikonversi kedalam bentuk urine. Urine akan diteruskan kedalam kandung kemih dan dikeluarkan melalui ureter. Ginjal melakukan fungsinya dengan menggunakan 25 persen oksigen yang diserap melalui paru-paru.

Tubuh manusia bagaikan sebuah mesin yang luar biasa, dimana didalamnya terdapat banyak proses yang tidak pernah berhenti alias harus bekerja setiap detik. Banyaknya produk limbah yang dihasilkan membuat tubuh mengeluarkannya dengan cara yang berbeda-beda. Limbah bisa berupa keringat, urea, amonia dan asam urat.  Oleh sebab itu, sangat penting bagi anda untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap baik, agar terhindar dari hal-hal yang membahayakan tubuh.

Baca juga : Cara Menyembuhkan Penyakit Ginjal

0 Response to "Fungsi Ginjal Dalam Sistem Ekskresi"

Posting Komentar